Bussiness Model Canvas
Bussiness Model Canvas adalah
sebuah framework yang sederhana dan mudah dimengerti untuk menggambarkan suatu
bisnis. Ada sembilan kotak yang merepresentasikan elemen-elemen kunci yang
secara umum ada pada semua model bisnis yaitu :
1. Customer Segment :
kelompok target konsumen yang akan atau sedang
kita bidik untuk menjadi pelanggan kita.
2. Value Proposition : nilai atau value yang kita tawarkan untuk pelanggan.
3. Channels : cara yang digunakan untuk memberikan value
proposition kita ke konsumer.
4. Customer Relationship : cara untuk mendapatkan, menambah jumlah
konsumen dan untuk mempertahankan
konsumen agar terus setia dengan kita.
5. Revenue Stream : berbagai cara untuk menghasilkan keuntungan dari
kita bidik untuk menjadi pelanggan kita.
2. Value Proposition : nilai atau value yang kita tawarkan untuk pelanggan.
3. Channels : cara yang digunakan untuk memberikan value
proposition kita ke konsumer.
4. Customer Relationship : cara untuk mendapatkan, menambah jumlah
konsumen dan untuk mempertahankan
konsumen agar terus setia dengan kita.
5. Revenue Stream : berbagai cara untuk menghasilkan keuntungan dari
value proposition kita.
6. Key Resource : hal-hal yang paling penting yang harus dimiliki
agar key activities bisa dijalankan.
7. Key Activities : kegiatan yang wajib dilakukan oleh perusahaan
untuk menghasilkan value proposition yang
ditawarkan.
8. Key Partners : pihak-pihak yang bias diajak kerjasama.
9. Cost Structure : rincian biaya-biaya terbesar yang harus dikeluarkan
untuk melakukan key activities dan menghasilkan
value proposition.
6. Key Resource : hal-hal yang paling penting yang harus dimiliki
agar key activities bisa dijalankan.
7. Key Activities : kegiatan yang wajib dilakukan oleh perusahaan
untuk menghasilkan value proposition yang
ditawarkan.
8. Key Partners : pihak-pihak yang bias diajak kerjasama.
9. Cost Structure : rincian biaya-biaya terbesar yang harus dikeluarkan
untuk melakukan key activities dan menghasilkan
value proposition.
No comments:
Post a Comment